Sabtu, 10 Maret 2012

latihan basket
latihan dasar bola basket
Latihan dasar untuk pemula adalah sbb:

Dribble yang benar:
1) Anda harus bisa mendribble bola dengan tangan kanan atau kiri sampai benar2 menguasainya.
2) Jangan menundukkan kepala sewaktu mendribble bola karena pandangan seorang pemain basket harus selalu mencari posisi yang tepat untuk menghindari sergapan lawan dan mengoper bola ke tim mainnya, jadi bukan fokus ke arah bola.
3) Setelah anda bisa menguasai dribble, anda harus belajar melakukan pertahanan, karena kalau anda tidak bisa, bola mudah direbut oleh lawan nantinya. Caranya tangan kiri rata dengan dada menjulur ke arah lawan sehingga lawan tidak bisa mengambilnya.

Shooting yang benar:
1) Anda pegang bola tersebut dengan 2 tangan supaya shoot tersebut bisa terarah dgn baik.
2) Setelah itu angkat bola sampai di depan muka, tetapi agak ke atas sedikit, lalu anda arahkan bola tersebut ke ring. Pastikan bola diarahkan ke arah ruang segi empat di area jaring basket dan kedua kaki mengarah ke posisi ring basket.
3) Shooting yang baik itu dengan menggunakan tangan kanan, yang kiri hanya untuk mengarahkan saja.
4) Waktu melempar bola, tenaga harus datang dari kedua kaki bukan tangan, dan badanpun harus mengikuti gerakan menembak. Yang jelas latihan menembak harus sering anda lakukan karena sehebat apapun defender (pemain penahan) menjaga di samping anda sewaktu pertandingan tidak akan banyak menolong anda.

Passing:
Anda harus selalu siap dan tidak hanya asal cepat mengoper bola ke teman anda tapi harus dapat memperkirakan apakah teman anda nantinya bisa menangkapnya. Kalau ada lawan yang menghalangi jalan, pastikan anda mengarahkan temen anda ke mana mereka akan berlari supaya mereka tidak terlambat sewaktu menangkap bola operan anda. Sehabis mengoper bola, anda harus terus bergerak supaya anda siap untuk bermain lagi. Kalau bisa, anda berdiri dekat ring basket supaya teman anda bisa mengoper bola lagi dan anda tinggal melayup buat memasukkan bola karena lawan anda akan berhenti sejenak dan mengalihkan perhatiannya setelah anda mengoper bola ke teman anda. Sewaktu teman anda memegang bola, jagalah jalur lemparan supaya mereka mudah mengoper bola ke arah anda.

Rebounding:
Anda harus bisa menjauhkan bola dari jaring selagi bola mental sewaktu rebound. Kalau tidak, lawan anda punya kesempatan untuk merebut bola. Menjauhkan bola paling penting waktu anda dalam posisi bertahan. Anda juga harus tahu waktu lawan anda bermain bertahan, dan sewaktu tembakan ke jaring terjadi, anda harus cepat-cepat mendekat ke jaring supaya bisa memasukkan bola. Rebounders yang bagus biasanya ahli mengalihkan bola karena dengan begitu teman anda punya kesempatan merebut bola jika anda tidak dapat menguasainya.

3 Dasar Alami Dalam Basket
Dribble…. Pass, dan Shoot….



Itulah 3 hal alami yang paling mendasar dari permainan bola basket…

Tanpa Shoot, tidak akan ada point tercipta,, tanpa dribble Anda akan sulit mencetak poin…tanpa passing Anda seakan ‘Hidup sebatang kara’ di dalam lapangan.

Shooting, dalam basket memiliki banyak variasi / jenisnya (set-shoot, jump shoot, bank shoot, lay-up, fade away,dll) yang semuanya adalah memiliki satu tujuan : POINT….Dalam posting2 yg berikutnya saya akan membahas satu per satu jenis shoot tersebut dan bagaimana melakukannya (namun tidak dalam waktu dekat, karena saya akan terlebih dahulu ingin menyampaikan mengenai fundamental dan variasi jenis latihan dribble)

Passing, komponen tak terlepaskan dalam suatu permainan basket. Mungkin sering kali banyak pemain yang meremehkan dahsyatnya kemampuan passing, dan cenderung menitik beratkan pada shoot ataupun dribble. Melalui artikel ini pula saya akan berusaha menyadarkan para pemain basket dengan cara mengungkapkan pentingya passing melalui penjelasan serba-serbi mengenai passing (latihan dasar, jenis, dan tips melakukan) yang sering kali dianggap remeh.

Dribbling, merupakan hal yang sangat menentukan dalam perkembangan kemajuan dari pemain basket, karena jika seorang pemain basket telah memiliki kemampuan ball-handling yang baik pasti akan lebih mudah untuk dilatih berbagai variasi latihan ataupun strategi.

“Klo pemain basket ga bs bawa bola, gimana mau poin, gimana mau nyerang??”

Oleh karena itu, dalam posting berikutnya, saya akan membahas mengenai dribble beserta video yang mendukung. Karena pada dasarnya dari artikel saya ini, saya ingin lebih menyadarkan betapa pentingnya latihan dasar dribble yg sering kali kurang ditekankan oleh pelatih maupun para pemain itu sendiri, yg mungkin jika saya amati hal tersebut dikarenakan terlalu fokusnya program latihan berdasarkan posisi masing2 pemain ataupun tinggi badan.

Selama mengenal basket di Indonesia, saya seringkali mendengar perkataan seperti ini (terutama untuk anak SMP, SMA, bahkan mahasiswa) :

“Center ga boleh kluar2 garis three-point, ga boleh bawa bola kelamaan, harus jago post-up, harus ahli underbasket” atau “playmaker harus lebih jago dribble dari center, ga perlu terlalu fokus latihan underbasket”

itulah mungkin yang biasa Anda dengar juga mengenai mitos yang sangat salah dalam dasar basket.
Saya harap posting saya yang berikutnya akan dapat membantu kita semua dalam menyadarkan betapa pentingnya dasar2 yang benar dan kuat.

Salam Olahraga =)
Diposkan oleh Administrator di 06:21 0 komentar
Label: Extra

Fondasi Yang Kuat Adalah Awal Dari Segalanya


Tanpa dasar yang kuat suatu rumah tentunya akan relatif lebih mudah untuk roboh, dan juga akan lebih sulit untuk dikembangkan menjadi suatu rumah yang lebih megah/besar. Begitu pula halnya dengan segala hal di dunia ini pastilah membutuhkan suatu dasar yang kuat dan benar untuk dapat terus bertahan dan dapat berkembang dengan baik, termasuk juga dalam hal olahraga Bola Basket.

Tanpa dibangunya latihan dasar yang kuat & benar dalam basket, seorang pemain basket akan sulit berkembang dalam mencapai potensi terbaiknya, hal tersebut dapat dikarenakan kurangnya penekanan didik dari pelatih mengenai pentingnya latihan dasar, maupun kurangnya pengetahuan pemain mengenai pentingnya ataupun variasi latihan dasar yang diperlukan untuk meningkatkan skill dalam basket.

Artikel ini dibuat dengan maksud penulis ingin membagi semua pengetahuan yang diketahui penulis untuk meningkatkan skill dasar yang seringkali tidak disadari oleh pemain basket (khususnya bagi pemula). Dalam artikel ini pada awalnya akan ditekankan terlebih dahulu mengenai pentingnya latihan dasar Dribble, yang akan disajikan dalam bentuk video maupun artikel2 pendukungnya.

Namun karena terbatasnya waktu penulis (dan kurangnya jam terbang dalam hal pembuatan blog =>), maka saya akan terus meng-update artikel ini secara bertahap. Dan diharapkan dengan artikel ini bisa membantu para Basketball Lovers di Indonesia secara khusus.

Ditulis dalam olahraga | Tag: bola basket, dasar, dribbling, latihan, passing, pemula, shooting
Diposkan oleh ar_punk di 16:09 0 komentar
tips terampuh dalam dunia basket

* yang pertama cara menjadi playmaker


playmaker ato disebut juga point guard mempunyai 2 tugas pokok dalam pertandingan.dalam posisi defense playmaker bertugas untuk menghentikan serangan terlebih dahulu denagn menjaga playmaker lawan agar playmaker lawan tidak leluasa dalam mengatur serangan.dalam posisi ofense play maker adalah nyawa dari tim untuk membuat angka namun bukan berarti bertugas sebagai pencetak angka,tapi lebih ke dalam visi permainan,keakuratan pasing,menjaga bola dalam penyerangan,serta menciptakan situasi ato kesempatan untuk mencetak angka bagi rekan se-tim.
yang dibutuhkan playmaker antara lain kekuatan drible,passing,visi dan misi permainan,kontrol emosi(tidak jarang playmaker adalah kapten bagi tim),serta kemampuan shoot serta defense akan membuat playmaker sanagt ditakuti lawan.

* Trik streetball bisa bikin bola ilang

kali ini gw bakal ngebahas trik sederhana yang lumayan keren....
waktu itu gw pun udah pernah jadi korban trik ini heh
hmmm... singkatnya ini trik yang pernah ditinjukin ma chen feng di "Mvp lovers" tau kan.... itu lho yang bolanya
di flip dari blakang punggung sambil kita nerobos maju....

now here's the tips
syarat dasar:
1.kemampuan dribel tingkat lanjut
2.latihan
3.keberuntungan
4.1v1 dog fight
tidak mempan sama : 1. musuh yang tingginya 180 ke atas..
2. intercept specialist

the trick:
1. pertama tama, kamu udah kudu mahir sama yang namanya dribling...

2. kamu harus ada tepat di luar garis 3 point..(kalo mau point)

3. saat lawan udah di depan kamu... usahain kamu mendribel serendah mungkin sehingga lawan terpancing untuk steal bola rendah..

4. saat lawan udah mulai nunduk.. renggangkan kakimu vertikal ke arah lawan.. (seumpama kaki kiri sedikit dimajukan ke depan)

5.jika kamu mau drive ke kanan.. regangkan kaki kiri ke depan, lalu flip bola dari tangan kanan melewati sela2 kaki ke tangan kiri..

6.setelah sampai ke tangan kiri.. langsung dorong dengan pergelangan tangan kiri ke arah depan melewati punggung kamu..
maka bola akan otomatis terbang kearah kanan melewati lawan yang kebingungan dan kamu bisa langsung drive in secara bersamaan dengan saat terlontarnya bola..

7. hati2 jangan terlalu menggunakan tenaga saat melontarkan bola.. karena hasilnya akan menyebabkan bola terlalu tinggi dan kamu memperoleh double(jika berusaha mendribel lagi), atow bola akan terlontar terlalu jauh n ngga kekejar sehingga bola bakal out..

8. untuk ke arah kiri tinggal dibalik mekanisme nya..
dribel dengan tangan kiri.. flip lewat kaki ke tangan kanan, dan setrusnya....

trik ini bisa digunakan untuk passing ke arah center,,
atau bisa juga untuk drive in bagi para power foward...
untuk play maker biasanya trik ini digunakan hanya untuk memindahkan bola antar tangan lalu, bola akan dipassing...
trik ini juga bisa kamu kembangkan lagi jadi, trik ini adalah trik yang amat sangat fleksibel.. dan untuk para center saya sarankan trik ini untuk optional terakhir..
Diposkan oleh ar_punk di 16:03 0 komentar
Kamis, 05 November 2009
POSISI DALAM BASKET
Basket adalah permainan yang membutuhkan kecepatan (tidak hanya fisik, tapi juga kecepatan dalam berpikir), kekuatan, dan juga mengerti dasar-dasar dalam permainan ini.Tidak ada jaminan dimanapun yang akan membuat sesorang menjadi pemain basket yang lebih baik terkecuali ia meluangkan sedikit waktunya untuk memahami permainan ini dan dasar-dasarnya.
Sebelum kita dapat bermain basket, kita harus mengetahui hal yang paling mendasar dari pemainan ini dengan dapat menentukan posisi kita dalam bermain agar dapat bermain maksimal sesuai dengan karakter kita nantinya. Dalam basket ada beberapa posisi pemain yang seringkali disesuaikan dengan skill dan juga postur tubuh.
Bagi mereka yang mempunyai postur tubuh tinggi biasanya akan menempati posisi center atau forward. Tidak ada ukuran pasti dalam hal ini, paling tidak ini dilihat dari tim itu sendiri. Orang yang mempunyai postur tubuh tinggi di dalam timnya atau paling tidak lebih tinggi disbanding rekan setimnya akan menempati posisi ini.
Sedangkan bagi mereka yang mempunyai postur badan lebih kecil dan biasanya didukung oleh kemampuan dribbling atau membawa bola yang baik akan menempati posisi guard.


1.Guard
Posisi ini lebih sering berada di luar key hole atau perimeter area. Kebanyakan tim menempatkan pemain mereka yang plaing kecil dan paling cepat untuk posisi ini.Guard lebih sedikit beradu kontak fisik dengan pemain lawan dibandingkan dengan posisi forward dan center.Posisi guard sendiri terdiri dari dua macam; point guard dan shooting guard.
2.Point guard
Bertugas mengatur permainan dengan mengatur strategi yang akan diterapkan dengan menerapkan pola-pola permainan yang telah dipelajari oleh timnya. Walaupun handling bola penting pada posisi manapun, namun banyak yang percaya yang mempunyai kemampuan dribble paling baik akan cocok menempati posisi ini. Point guard mengatura serangan dan biasanya mempunyai tipikal melakukan passing yang pertama, jadi akurasi dana passing yang tepat adalah kunci dari kesuksesan pada posisi ini. Point guard seharusnya menjadi yang terdepan dalam memberikan assist di dalam timya.
3.Shooting guard/small forward
Shooting guard, tergantung dari strategi serangannya, akan menjadi pemain yang membantu bola mengalir dalam serangan, tapi pemain ini juga menjadi penembak utama, dan juga dapat melakukan drive ke dalam. Mereka juga dapat merangkap menjadi small forward, dan diharapkan dapat membuat screen dan mempunyai kemampuan rebound yang baik.
4.Forward
Kebanyakan forward mempunyai postur badan yang lebih besar dan lebih kuat dibandingkan posisi guard dan tentu saja mempunyai kemampuan rebound yang lebih baik dibandingkan guard posisi ini kadang disebut juga dengan power forward. Seorang forward harus dapat melihat posisi kosong di dekat key hole untuk melakukan penetrasi ke dalam, yang kemudian diharapkan dapat menerima passing lalu dilanjutkan dengan drive ke dalam. Forward biasanya memiliki postur tinggi dan kuat, tugas utama mereka adalah melakukan rebound dan bekerja di paint area. Forward diharuskan memiliki kemampuan menembak medium yang baik. Tembakan mereka akan lebih banyak berada di dekat ring atau sekitar paint area. Forward adalah salah satu posisi penting dalam permainan basket.
5.Center
Sering juga disebut big man dalam permainan basket. Biasanya mereka pemain yang paling tinggi dan paling besar dalam permainan. Pemain ini bertanggung jawab dalam melakukan rebound dan bermain di area key hole, center harus dapat memperjuangkan rebound dan bermain di bawah ring. Demikian posisi-posisi yang ada dalam bermain basket, dengan dasar ini diharapkan kita dapat mengetahui posisi kita dalam bermain dan menjadi lebih baik lagi dalam bermain basket.
Diposkan oleh ar_punk di 17:15 0 komentar
RENCANA INDUK LATIHAN BOLA BASKET
Dalam penyusunan Rencana iduk Latihan pelatih harus pandai menyusun bahan-bahanya sendiri yang akan mengisi dan memenuhi kebutuhan regunya dalam batas waktu dari rencananya. Tetapi pada pokoknya setiap rencana induk harus teknis seorang pemain basket.Unsur-unsur teknis itu adalah :
1. Pembinaan fisik (conditioning).
2. Tehnik dasar permainan (fundamentals).
Passing-dribbling-shooting-footwork-rebounding-individual offence/defence.
3. Pembinaan penyerangan dan pertahanan regu penyerang tanpa lawan, dengan 1 lawan dan dengan 2 lawan-tiga penyerang tanpa lawan, dengan 1 lawan dengan 2 lawan dan lawan 3 lawan-empat penyerang tanpa lawan, dengan 1, 2, 3, dan 4 lawan.
4. Penyerangan dengan kelima pemain.
• Penyerangan setengah lapangan satu lawan satu
atau man to man.
• Penyerangan setengah lapang terhadap berbagai pertahanan
daerah (zone deffence).
• Penyerangan terhadap pertahanan press (press deffence).
• Penyerangan kilat (fast break).
• Penyerangan dari jump-ball.
• Penyerangan dari tembakan hukuman.
• Penyerangan (permainan) dari bola out (out of bound).
5. Pertahanan (cara melakukan).
• Penyerangan melawan pertahanan yang khusus bertugas.
• Pertahanan man to man tanpa switching.
• Pertahanan dengan berbagai bentuk zone.
• Pertahana setengah lapangan.
• Pertahanan melawan serangan kilat.
• Pertahana khusus dalam jump-ball.
• Pertahanan khusus dalam menghadapi tembakan hukuman.
6. Cara melakukan pembekuan permainan.
7. Bentuk dan gaya-gaya permainan khusus.
Rencana Latihan Mingguan
1. Pembinaan fisik (conditioning)
2. Tehnik dasar permainan fundamental :
Passing-dribbling –rebuonding-shooting-footwork-individual offence
3. Dasar penyerangan.
4. Penyerangan kilat (fast break) .
5. Dasar pertahanan regu.
Rencana Latihan Harian
1. 16.00 - 16.10 : Pemanasan dengan olah kaki-merubah arah (loncatan ditempat-pivot-lalu melakukan jump-shoot)
2. 16.10 - 16.20 : Tembakan lay-up
3. 16.20 - 16.30 : Tembakan loncatan (jump-shoot).
4. 16.30 - 16.45 : Latihan pengembangn fisik.
5. 16.45 - 16.55 : Merayah atau rebound dalam bertahan.
6. 16.55 - 17.05 : Penyerangan kilat 2 lawan 1, dilapangan depan.
7. 17.05 - 17.25 : Penyerangan regu berlima melawan pertahanan man to man tanpa penahanan.
8. 17.15 - 17-25 : Bertahan melawan pemain pivot.
9. 17.25 - 17.35 : Permainan setengah lapangan.
10. 17.35 - 17.45 : Tembakan hukuman.
11. 17.45 - 17.50 : Petunjuk-petunjuk khusus bagi beberapa pemain.
Dengan melaksanakan latihan yang sesuai dengan rencana latihan harian dan beberapa pada rencana mingguan yang bersumber pada proyek rencana untuk latihan, maka dapatlah dikontrol dan akan terjamin bahwa pelaksanaan latihan itu betul-betul mengarah kepada tujuan seperti yang ditetapkan oleh induk rencana latihan dan inilah yang harus menjadi kebiasaan kerja sehari-hari dari para coach/pelatih bola basket.

pola serang
POLA PENYERANGAN DALAM BOLA BASKET
Perkembangan basket dari tahun ketahun sangat pesat dan persaingan tim-tim basket dari tingkat sekolah sampai tingkat nasional semakin ketat, hal ini mendorong platih-platih untuk membuat strategi-strategi atau pola-pola permainan yang lebih kreatif dan inovatif,Pola penyerangan merupakan rencana penyerangan yang bertujuan untuk membentuk serangan yang lebih tajam, Pola penyerangan dalam bola basket dapat diklakukan dengan cara :
1.Set offens
Serangan yang direncanakan dan dibangun dari awal sampai penyelesaian akhirnya (finishing tought),merupakan kebalikan dari serangan fast break.
2. Fast break.
Serangan yang dilakukan secara serentak dan cepat sebelum lawan sempat membuat pola pertahanannya (mencapai balans pertahan).Tujuannya menempatkan satu atau dua orang penyerang dalam posisi bebas untuk mencetak gol.
3. Shuffele.
Suatu sistem penyeranagn yang dilakukan oleh semua pemain dari satu regu bergerak dsri satu posisi ketempat lain dengan teratur sesuai rencana guna membuka/mendapatkan kesempatan mencetak gol.
4.double pivot offence.
Cara menyerang suatu tim dengan menempatkan dua pemain masing-masing (biasanya pemain jangkung) berada jauh disudut daerah pertahanan lawan,satu diujung kiri dan satu diujung kanan.
5.Give and go weave.
Serangan bergerombolpergi dan datang.
Cara menyerangsuatu regu yang melibatkan lima pemai untuk terus bergerak sambil saling mengoper guna mencapai lubang pertahanan lawan. Playmaker:Pengatur serangan,biasanya dilakukan oleh seorang pemain inti.
6.Drive,driving
Gerakan cepat dan agresif seorang penyerang yang mendribble bola sambil menerobos ke basket lawan dengan keinginan besar untuk mencetak gol.
Diposkan oleh ar_punk di 17:12 0 komentar
buat jadi playmaker postur tubuh tidak jadi masalah bro. . .
yang jadi mnasalah cuman passing, drible, sama resposebility yang tinggi buat ngeliat peluang . . .
soalnya playmaker tugasnya berat(jadi Kepala Team di lapangan basket)
jadi u harus latihan bener2 . . .
buat latihan spin :
1. harus sering jogging.
2. waktu maen basket pakai alat banding yang berisi pasir
kalo gak berenang juga bisa bro.(g pernah nyoba kok)
buat ofense n def ok
1. latihan turun tangga secara rutin bro. . .
latihan ini supana otot paha u kenceng dan kuat buat melakukan offence dan defend bro . ..
harus latihan passing terus. . .
buat badan u FIT jangan lupa push up, shit-up, sama back-up yang paling penting. . .
hehehe

1 komentar: