Minggu, 11 Maret 2012

Olahraga Basket di Indonesia


Olahraga bola basket di Indonesia sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Namun dalam perkembangannya bola basket tidak terlalu menjadi olahraga favorit dibandingkan olahraga Indonesia lainnya. Prestasi tim basket Indonesia di dunia internasional juga tidak segemilang prestasi tim olahraga Indonesia lain seperti bulu tangkis.
Perkembangan bola basket di Indonesia ditandai dengan berdirinya Perbasi yang merupakan singkatan dari Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia pada tahun 1951. Kepengarusan organisasi basket ini terdapat pusat hingga daerah kabupaten dan kota. Organisasi berdiri untuk mengatur basket Indonesia dan pemain basketnya agar berjalan pada koridor yang jelas. Selain itu juga untuk melakukan pembinaan terhadap pemuda pemudi berbakat dalam bidang basket untuk dilatih menjadi pemain basket profesional.
Sejak tahun 1990, bola basket di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup drastis dibandingkan sebelumnya. Ditandai dengan digelarnya kompetisi basket tingkat nasional di Indonesia yaitu IBL.
IBL adalah pertandingan basket paling bergengsi di Indonesia kala itu. Pada IBL semua klub antar kota yang memiliki kualitas bagus akan bertanding. Namun karena pengelolaan manajemen yang kurang bagus, nama IBL tidak memperoleh animo dari masyarakat olahraga Indonesia. Bahkan suatu kali IBL sempat kekurangan dana untuk menggelar pertandingan rutin lantaran tidak ada sponsor yang berminat untuk mensponsori pertandingan bola basket terbesar di Indonesia ini.
Pada tahun 2010, akhirnya diputuskanlah untuk mengganti nama IBL menjadi NBL (National Basketball League), tentunya dengan manajemen yang baru. Dengan digantinya nama IBL menjadi NBL diharapkan citra kompetisi basket Indonesia membaik. Yang menjadi sponsor dari NBL Indonesia adalah DBL, perusahaan besar yang memproduksi peralatan olahraga basket.
Pengelolaan yang bagus akhirnya membuat animo masyarakat terhadap NBL semakin baik. Buktinya pada NBL musim pertama di tahun 2010 setiap stadion tempat digelarnya kompetisi ini selalu dipenuhi oleh penonton yang ingin menyaksikan pemain dan tim basket idola mereka. Pada tahun 2010 telah ada 10 tim yang mengikuti kompetisi ini, yaitu:
  1. Stadium Jakarta
  2. Satya Wacana Angsapura Salatiga
  3. Satria Muda Britama Jakarta
  4. Pelita Jaya Esia Jakarta
  5. Nuvo CLS Knights Surabaya
  6. Muba Hang Tuah Indonesia Muda Sumatera Selatan
  7. Garuda Flexi Bandung
  8. Dell Aspac Jakarta
  9. Comfort Mobile Citra Satria Jakarta
  10. Bimasakti Nikko Steel Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar